Sukses Adalah Kolaborasi

Berita & Artikel

Manusia Dilahirkan Untuk Dipimpin Oleh Allah

MANUSIA DILAHIRKAN UNTUK DIPIMPIN OLEH ALLAH

By: Pst. Dr. Frankie Dawa Rining, M.Th

araxieministry.com, Jakarta – Pertanyaan: Pernahkan anda bepikir tentang fakta bahwa manusia dilahirkan untuk dipimpin? ada banyak pertikaian yang muncul di antara kita karena ada banyak orang yang lebih memilih untuk menganggap dirinya sebagai pemimpin daripada yang dipimpin. Bahkan ada juga sebahagian orang yang suka jadi pemimpin tetapi tidak suka dipimpin.  Namun apabila kita ini adalah orang-orang Kristen, kita ini dilahirkan untuk dipimpin karena kita adalah domba. Inilah yang kita lakukan terhadap domba, dimana kita yang memimpin mereka.  Dan kita semua mengakui bahwa: “Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.  Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang….” {Maz.23:1-6}.

Jika Allah adalah gembala kita dan kita adalah domba-domba-Nya, maka kita dilahirkan untuk dipimpin oleh Allah.  Karena Kristus berkata bahwa tanpa Dia, kita tidak dapat melakukan apa-apapun, Yohanes 15:5, ”Tanpa Aku, kamu tidak dapat berbuat apa-apa.” Dari apa yang saya lihat  bahwa ada banyak jemaat gereja yang hidupnya tidak berarti karena mereka tidak pernah sungguh-sungguh mencari pimpinan Allah dalam hidup mereka.  Paulus berkata “Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.” {Roma 8:14}.

Sungguh mengagumkan bagaimana Allah telah memberikan pimpinan-Nya bagi kita.  Apakah anda sedang dipimpin oleh Roh Kudus?  Sudahkah anda mengalami pimpinan Allah dalam hidup anda? Rasul Paulus mengalaminya.  Sebuah kisah yang sangat menarik yang ia ceritakan dalam Kisah Para Rasul 16.  Ketika mereka mengatakan mereka mencoba pergi ke Asia, dan Roh Kudus mencegah mereka.  Kemudian mereka memutuskan untuk mencoba masuk ke daerah Bitinia {Ayat 7} “Tetapi Roh Yesus tidak mengizinkan mereka.”  Dan mereka terdorong untuk pergi ke Troas. Dan di Troas, Paulus menerima suatu penglihatan, dimana ia melihat seorang Makedonia berdiri di seberang sungai dan berkata, “Menyebranglah kemari dan tolonglah kami,” {Ayat 9}.  Dan untuk pertama kalinya Paulus membawa Injil ke Eropa dengan pimpinan Roh Kudus.

Ingatlah! Allah bukan hanya menjanjikan pimpinan-Nya untuk kita, tetapi Allah juga memberikan pimpinan-Nya dan Dia telah melakukannya sejak dunia dijadikan.  Ia memimpin Henokh dalam hidupnya dan mengangkatnya ke Surga.  Ia memimpin Nuh masuk ke dalam bahtera sebelum terjadi banjir yang besar.  Ia memimpin Abraham dari Ur-Kasdim menuju ke Kanaan.  Ia memimpin Yusup dari penjara menuju takhta Mesir.  Ia memimpin Musa melewati padang gurun dan kembali ke Mesir untuk memimpin umat-Nya.  Ia memimpin Daud dari seorang penggembalaan domba menjadi raja Israel.  Dan Ia memimpin umat-Nya selama-lamanya.  Ia telah memimpin mereka dan akan terus memimpin mereka sepanjang zaman.  ini membuktikan bahwa manusia dilahirkan untuk dipimpin oleh Allah.

Bagaimana kita boleh tahu kehendak dan pimpinan Tuhan dalam hidup kita? Menurut saya, 1. Kita perlu sadari kebutuhan kita akan pimpinan Tuhan, karena sekuat, sebijaksana atau secepat apapun kita, jika kita tersesat di hutan belantara yang luas, kita tidak dapat keluar tanpa kecederaan. Dan pasti hidup kita berakhir di tengah hutan apabila Allah tidak memberikan bimbingan-Nya. Menurut saya yang dilakukan oleh orang Kristen yang pintar adalah ia berkata “Tuhan, silakan Engkau yang memimpin hidupku.” 2. Menyerahkan kehendak-kehendak kita kepada pimpinan Allah. Ada banyak orang yang memiliki gagasan bahwa rencana mereka sendiri untuk diri mereka sendiri lebih baik dari rencana Allah. Namun saya ingin katakan: Rencana siapakah yang sedang anda kerjakan dalam hidup anda? Kebanyakan orang mencoba melakukan rencana mereka sendiri, dan biasanya semuanya berakhir dengan sia-sia belaka dan tidak ada maknanya. 3. Kita harus percaya bahwa pimpinan Tuhan kepada kita tersedia. 4. Kita harus bersabar. Tuhan tidak selalu menyatakan kehendak-Nya kepada kita secepat yang kita inginkan dan memecahkan semua masalah yang kita hadapi. 5. Kita harus percaya bahwa kita sedang dibimbing-Nya. Alkitab mengatakan bahwa Allah akan selalu membimbing kita di dalam hidup kita. Dia peduli dengan apapun yang terjadi dalam hidup kita.

Allah bersedia membimbing kita. Saudaraku yang budiman, jadilah bijak. Carilah pimpinan Tuhan dalam hidupmu setiap hari. Salam sehat Tuhan Yesus memberkati kita semua Immanuel 🙏🙏🙏

 

By Pst FD

Ayo Donasi

Mari kita berikan dukungan dengan melakukan donasi untuk membantu mereka yang membutuhkan!
Scroll to Top

005-014.195.1

A/N : Jerry Rumahlatu

Chat WhatsApp
1
Butuh Bantuan?
Lembaga Araxie Center Ministry Indonesia (LACMI) bergerak di bidang penerbitan buku, seminar, webinar, pendidikan, memberi pelayanan dan pendampingan konseling.

Hubungi untuk mengetahui informasi lebih lanjut.